Wednesday, October 5, 2011

[Info] Anak Kurus karena Faktor Keturunan?

Selama ini masyarakat hanya tahu tubuh gemuk yang turunkan dari orangtua. Ternyata orangtua yang memiliki tubuh kurus juga memberikan kesempatan lebih besar bagi anaknya untuk bertubuh kurus.

Peneliti mengklaim menjadi kurus adalah sesuatu yang turunkan dari keluarga. Anak-anak yang memiliki orangtua bertubuh kurus akan sangat mungkin untuk memiliki tubuh kurus karena adanya 'gen kurus' yang diturunkan.

Sebuah studi menemukan anak-anak dengan orangtua kurus akan 3 kali lebih mungkin memiliki tubuh kurus daripada anak-anak yang memiliki orangtua dengan kelebihan berat badan. Ilmuwan dari University College London menuturkan faktor-faktor genetik membantu orang untuk lebih mudah bertubuh kurus.

Untuk mengetahui seseorang tergolong bertubuh kurus atau gemuk biasanya dengan menghitung indeks massa tubuh (IMT/BMI) berdasarkan tinggi dan berat badan yang dimiliki. IMT yang sehat jika nilainya antara 18,5-24,9, IMT yang tergolong kelebihan berat badan antara 25-29,9 dan obesitas jika nilai IMT nya lebih dari 30.

Studi menemukan kesempatan seorang anak untuk menjadi kurus sebesar 16,2 persen jika orangtuanya memiliki nilai IMT ideal atau kurus, jika orangtuanya kelebihan berat badan maka kemungkinan bertubuh kurus sebesar 5,3 persen, tapi jika orangtuanya obesitas maka kemungkinan bertubuh kurus hanya 2,5 persen.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine ini menemukan tidak adanya perbedaan jenis kelamin yang berarti tidak ada pengaruh apakah ibu atau ayahnya yang kurus.

"Kita tahu bahwa berat badan anak berhubungan dengan orangtuanya, tapi studi sebelumnya cenderung lebih fokus pada obesitas sehingga ini menjadi studi pertama yang menganalisis adanya gen kurus yang bisa diturunkan ke anak," ujar Dr Katriina Whitaker dari departemen epidemiologi dan kesehatan masyarakat University College London, seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (5/10/2011).

Sementara itu Profesor Jane Wardle menuturkan kadang orangtua sering khawatir jika anaknya bertubuh kurus, padahal bisa jadi kondisi ini karena adanya gen kurus yang diturunkan dari orangtua.

"Semua gen memiliki 2 versi atau alel dan orangtuanya yang kurus memiliki alel kurus yang mungkin bisa diturunkan ke anaknya. Seorang anak yang mewarisi alel kurus lebih banyak dari orangtuanya maka secara alami ia akan memiliki tubuh kurus," ujar Profesor Wardle.

source: http://www.detikhealth.com 



note:
makan banyakpun tak menjamin akan membuat tubuh menjadi gemuk [contohnya saya :D]. Jadi buat yang merasa kurus jangan berkecil hati, tetaplah berusaha agar tambah gemuk tapi kalau tidak gemuk-gemuk juga ya serahkan saja pada yang di Atas :)

2 komentar:

benar gen orangtua juga berpengaruh terhadap anak keturunan mereka :)
sebenarnya jadi kurus atau gemuk bukanlah masaalah, yang penting tetap hidup sehat dan bahagia :)

@BlogS of Hariyanto
betul gan :) yg penting sehat :D

:yareyare: :hi: :haha: :gaswat: :tolong: :upil:
:keringat: :apa: yahoo: :XD: :tampan: :pusing:
:malu: :bye: :matabelo: :peace: :hmm: :lalala:
:tkp1: :bata: :makasihm: :cihuy: :ehem: :nongol:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More